Senin 29 Juli 2019, mahasiswa pendidikan Akuntansi FKIP UMS mulai Magang Praktik Kerja Bisnis (PKB) di lembaga swasta dan Negeri. Semua Dosen Pembimbing menyerahkan mahasiswa magang PKB Kepada Pimpinan Perusahaan / Lembaga yang dijadikan tempat magang. Mahasiswa diberikan waktu magang selama 1 bulan. Setiap kelompok mahasiswa magang di bimbing 1 dosen Pendidikan Akuntansi FKIP UMS.

Pada era globalisasi ini, setiap individu mahasiswa dituntut untuk dapat meningkatkan kualitas diri dan berkompeten sehingga mampu menjadi individu yang siap berkompetisi dan bersaing di berbagai sektor. Khususnya dalam dunia kerja kemampuan akademis dan non akademis sangat dibutuhkan untuk tuntutan tersebut, karena sebagai lulusan perguruan tinggi harus dapat menjadi seorang problem solver atas segala permasalahan yang muncul.

Agar memenuhi tuntutan tersebut dan untuk mencapai tujuan pendidikan yang utuh di perguruan tinggi, sangatlah kurang apabila mahasiswa hanya mengandalkan pengetahuan teoritis yang diperoleh dari bangku kuliah. Oleh karena itu, dibutuhkan pengetahuan untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapat sehingga mahasiswa dapat melatih aspek-aspek yang dibutuhkan untuk terjun ke dunia kerja yang akan digelutinya nanti secara langsung. Sejalan dengan hal tersebut, pihak perguruan tinggi mewajibkan mahasiswanya untuk mengikuti mata kuliah Praktek Kerja Bisnis yang dilakukan pada semester lima.

Diharapkan dengan kegiatan Praktek Kerja Bisnis ini, mahasiswa mendapatkan gambaran nyata sekaligus penerapan dari ilmu yang telah diperoleh dari bangku kuliah. Salah satu pewujudan keterlibatan Praktek Kerja Bisnis dalam membantu bidang pendidikan adalah memberikan ijin untuk dapat melaksanakan kerja praktek di lingkungan perusahaan.

Kerja praktek yang akan dilakukan adalah Praktek Kerja Bisnis yaitu mahasiswa melakukan kerja nyata di kantor atau perusahaan pada bagian pekerjaan yang relevan dengan dasar ilmu pengetahuan akuntansi selama satu bulan dan jadwal kerja praktek tergantung kesepakatan dengan perusahaan. Di dalam kerja praktek ini, mahasiswa melakukan pekerjaan yang diberikan oleh pembimbing dari kantor atau perusahaan, melakukan analisis sistem, mengidentifikasi masalah yang ada, menganalisis kesesuaian praktek lapangan dengan teori, dan membuat usulan dan atau melakukan penerapan sistem usulan.

Praktek Kerja Bisnis ini ditujukan sesuai dengan Kurikulum Pendidikan Akuntansi, yaitu mempelajari suatu kegiatan yang berada di instansi/lembaga tempat magang mahasiswa.

Adapun maksud dan tujuan kerja praktek ini adalah:

  1. Mengenali dan mencari jawaban masalah dengan mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh selama 5 (lima) semester.
  2. Memperoleh masukan informasi yang tidak didapat diperkuliahan.
  3. Sebagai koreksi kemampuan mahasiswa belajar dalam program studi yang diambil.
  4. Untuk memenuhi salah satu mata kuliah Praktek Kerja Bisnis pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  5. Bagi perusahaan, program Praktek Kerja Bisnis ini diharapkan dapat berguna dalam melakukan perbaikan dengan memanfaatkan keahlian dan keterampilan mahasiswa untuk membantu memecahkan permasalahan yang dihadapi oleh kantor atau perusahaan.

By: Supri