Visi – Sebagai pusat pengembangan pembelajaran transformatif pada bidang pendidikan akuntansi yang berbasis digital dan berlandaskan nilai-nilai islami untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan kompeten.
PEO & PLO
Program Educational Objectives (PEO) Prodi Pendidikan Akuntansi:
PEO 1: Lulusan mampu menguasai ilmu pendidikan, mengembangkan inovasi baru dalam pembelajaran akuntansi, menguasai ilmu akuntansi dan keuangan serta ilmu kewirausahaan yang dapat diterapkan dalam dunia bisnis
PEO 2: Lulusan mampu bekerja secara profesional, bertanggung jawab, dan mandiri pada bidang pendidikan, akuntansi dan keuangan, serta kewirausahaan baik pada level lokal, nasional, dan internasional.
PEO3 : Lulusan memiliki sikap religius, adaptif, kreatif, komunikatif, kolaboratif dan mampu melakukan pengembangan diri secara berkelanjutan.
Program Learning Objectives (PLO) Prodi Pendidikan Akuntansi:
PLO [1]: Mampu menunjukkan sikap religius, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, moral, etika, dan bertanggung jawab sebagai warga negara yang baik
PLO [2]: Mampu mengembangkan diri secara mandiri dan memiliki jiwa kewirausahaan dengan menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik.
PLO [3]: Mampu bekerjasama, memiliki kepekaan serta kepedulian sosial untuk menghasilkan temuan kreatif, kritis, dan inovatif yang berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat sesuai perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
PLO [4]: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif, serta memiliki kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi
PLO [5]: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi dan data yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
PLO [6]: Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi, mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dalam menghasilkan skripsi atau laporan tugas akhir.
PLO [7]: Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya, bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
PLO [8]: Mampu merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran akuntansi secara inovatif dengan mengaplikasikan konsep pedagogik-didaktik dan keilmuan akuntansi serta memanfaatkan berbagai sumber belajar dan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup.
PLO [9]: Mampu mengaplikasikan teori ekonomi dan dapat menyusun laporan akuntansi keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi baik nasional maupun internasional dalam lingkup dunia kerja.
PLO [10]: Mampu menerapkan teori bisnis dan kewirausahaan untuk mengembangkan dan mengelola usaha secara mandiri
PLO [11]: Mampu menguasai konsep pedagogik-didaktik dalam pembelajaran akuntansi di pendidikan menengah yang berorientasi pada kecakapan hidup.
PLO [12]: Mampu menganalisis konsep dan prinsip ilmu akuntansi dan keuangan yang sesuai sesuai dengan perkembangan era industri 4.0 dan society 5.0.
PLO [13]: Menguasai prinsip kepemimpinan dan kewirausahaan berdasarkan nilai-nilai keislaman dan kemuhammadiyahan untuk membangun masyarakat Indonesia sebagai masyarakat utama yang diamalkan bagi kemaslahatan dan kemanusiaan secara lokal, nasional, dan global.
PLO [14]: Menguasai konsep pembacaan data, penganalisisan, penggunaan data dan informasi (big data) sesuai perkembangan dunia digital dalam bidang pendidikan, akuntansi, dan kewirausahaan.
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
Sikap
Kode | Sikap |
S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. |
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. |
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa. |
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau |
S6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. |
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. |
S9 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
S11 | Ihsan dan fastabiqul khairot. |
Keterampilan Umum
Kode | Keterampilan Umum |
KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. |
KU2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. |
KU3 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan |
KU4 | Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk |
KU5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. |
KU6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, |
KU7 | Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan |
KU8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah |
KU9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
Keterampilan Khusus
Kode | Keterampilan Khusus |
KK1 | Mampu merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran akuntansi secara inovatif dengan mengaplikasikan konsep pedagogik-didaktik dan keilmuan akuntansi serta memanfaatkan berbagai sumber belajar dan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup. |
KK2 | Mampu menganalisis teori-teori ekonomi yang mendasari ilmu akuntansi. |
KK3 | Mampu menganalisis, menginterpretasi dan menyusun laporan akuntansi keuangan yang |
KK4 | Mampu mengkaji dan menerapkan berbagai metode pembelajaran akuntansi yang kreatif, |
KK5 | Mampu melakukan komunikasi dan pendampingan terhadap peserta didik sesuai konsep |
Pengetahuan
Kode | Pengetahuan |
P1 | Menguasai konsep pedagogik-didaktik akuntansi untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan dasar dan menengah yang berorientasi pada kecakapan hidup dan sesuai dengan perkembangan era industri 4.0 dan society 5.0. |
P2 | Menguasai konsep teoritis ekonomi dan akuntansi, yang mendukung pembelajaran di dasar dan menengah serta untuk studi lanjut. |
P3 | Menguasai konsep dan prinsip: perencanaan, implementasi, dan evaluasi pembelajaran ekonomi akuntansi yang sesuai dengan ketrampilan Abad 21 yang berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). |
P4 | Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pembelajaran akuntansi. |
P5 | Menguasai prinsip kepemimpinan dan kewirausahaan berdasarkan nilai-nilai keislaman dan kemuhammadiyahan untuk membangun masyarakat Indonesia sebagai masyarakat utama yang diamalkan bagi kemaslahatan dan kemanusiaan secara lokal, nasional, dan global. |
P6 | Menguasai konsep pembacaan data, penganalisisan, penggunaan data dan informasi (big data) di dunia digital dalam penelitian di bidang pendidikan akuntansi. |
Jl. Ahmad Yani, Pabelan, Kartasura, Surakarta 57162, Jawa Tengah, Indonesia
Telpon: +62 271 717417 ext.1166,
Fax: 0271-715448
Email : [email protected]