Program Educational Objectives (PEO) Prodi Pendidikan Akuntansi:
PEO 1: Lulusan mampu menguasai ilmu pendidikan, mengembangkan inovasi baru dalam pembelajaran akuntansi, menguasai ilmu akuntansi dan keuangan serta ilmu kewirausahaan yang dapat diterapkan dalam dunia bisnis
PEO 2: Lulusan mampu bekerja secara profesional, bertanggung jawab, dan mandiri pada bidang pendidikan, akuntansi dan keuangan, serta kewirausahaan baik pada level lokal, nasional, dan internasional.
PEO3 : Lulusan memiliki sikap religius, adaptif, kreatif, komunikatif, kolaboratif dan mampu melakukan pengembangan diri secara berkelanjutan.
Program Learning Objectives (PLO) Prodi Pendidikan Akuntansi:
PLO [1]: Mampu menunjukkan sikap religius, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, moral, etika, dan bertanggung jawab sebagai warga negara yang baik
PLO [2]: Mampu mengembangkan diri secara mandiri dan memiliki jiwa kewirausahaan dengan menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik.
PLO [3]: Mampu bekerjasama, memiliki kepekaan serta kepedulian sosial untuk menghasilkan temuan kreatif, kritis, dan inovatif yang berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat sesuai perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
PLO [4]: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif, serta memiliki kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi
PLO [5]: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi dan data yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
PLO [6]: Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi, mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi dalam menghasilkan skripsi atau laporan tugas akhir.
PLO [7]: Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya, bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
PLO [8]: Mampu merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran akuntansi secara inovatif dengan mengaplikasikan konsep pedagogik-didaktik dan keilmuan akuntansi serta memanfaatkan berbagai sumber belajar dan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup.
PLO [9]: Mampu mengaplikasikan teori ekonomi dan dapat menyusun laporan akuntansi keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi baik nasional maupun internasional dalam lingkup dunia kerja.
PLO [10]: Mampu menerapkan teori bisnis dan kewirausahaan untuk mengembangkan dan mengelola usaha secara mandiri
PLO [11]: Mampu menguasai konsep pedagogik-didaktik dalam pembelajaran akuntansi di pendidikan menengah yang berorientasi pada kecakapan hidup.
PLO [12]: Mampu menganalisis konsep dan prinsip ilmu akuntansi dan keuangan yang sesuai sesuai dengan perkembangan era industri 4.0 dan society 5.0.
PLO [13]: Menguasai prinsip kepemimpinan dan kewirausahaan berdasarkan nilai-nilai keislaman dan kemuhammadiyahan untuk membangun masyarakat Indonesia sebagai masyarakat utama yang diamalkan bagi kemaslahatan dan kemanusiaan secara lokal, nasional, dan global.
PLO [14]: Menguasai konsep pembacaan data, penganalisisan, penggunaan data dan informasi (big data) sesuai perkembangan dunia digital dalam bidang pendidikan, akuntansi, dan kewirausahaan.